Dalam perkembangan penting untuk kerja sama regional dan pertumbuhan ekonomi, Perusahaan Perdagangan Pertanian & Industri Fuxin Xinyida dari China telah menyatakan minat besar untuk mendirikan unit pengolahan kulit dan wol, serta rumah kaca, di wilayah Khatlon, Tajikistan. Niat ini disampaikan oleh kepala perusahaan, Gao Jong Tao, selama pertemuan dengan kepala administrasi wilayah tersebut, Davlatali Said.

Menurut pusat pers kantor gubernur Khatlon, inisiatif ini bergantung pada penyelesaian masalah alokasi lahan. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat, pekerjaan konstruksi dan pengiriman peralatan yang diperlukan akan dimulai pada bulan Juni. Perkembangan ini menekankan pentingnya strategis wilayah Khatlon dalam meningkatkan kerja sama regional untuk mendorong kemajuan ekonomi dan perdagangan, menarik investasi, serta menerapkan teknologi modern.

"Wilayah Khatlon memandang pengembangan kerja sama regional sebagai elemen vital dalam kemajuan ekonomi dan perdagangan, menarik investasi, dan penerapan teknologi modern," kata Said, seperti yang dilaporkan oleh media domestik di Tajikistan.

Produksi pertanian Khatlon tahun lalu meliputi 1,140 juta potong kulit ternak besar dan kecil serta 5.970 ton wol, menunjukkan potensi besar wilayah tersebut dalam industri ini. Unit pengolahan yang diusulkan diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah pengolahan bahan mentah ini secara signifikan, mendorong lapangan kerja lokal, dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi wilayah.

Kerjasama antara Fuxin Xinyida dan Khatlon diharapkan menjadi katalisator untuk perdagangan dan investasi bilateral lebih lanjut antara China dan Tajikistan, menunjukkan potensi proyek yang saling menguntungkan di sektor pertanian dan industri.