Pada akhir pekan minggu pertama Ramadan, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali menjadi pusat perhatian masyarakat pada Minggu, 17 Maret 2024. Pengunjung membanjiri pasar sejak pukul 13.00 WIB, menghadirkan suasana ramai di pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara, khususnya di Gedung Blok A dan Blok B. Dalam pantauan Medcom.id, para pengunjung memenuhi pasar tersebut pada siang hari, mengeksplorasi beragam barang dagangan yang ditawarkan oleh para pedagang. Mulai dari pakaian pria, pakaian wanita, busana muslim, hingga berbagai jenis makanan dan cemilan. Para pedagang pun berlomba-lomba memberikan tawaran harga menarik, menarik minat banyak masyarakat untuk datang berbelanja.

Salah satu pengunjung, Widya, yang berasal dari Tangerang, datang bersama temannya sejak pagi. Dia menyatakan bahwa dia tertarik untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang karena ragam barang dagangan yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

"Alasannya saya ke sini karena barangnya banyak dan variasinya juga banyak, jadi bisa memilih sambil berjalan-jalan untuk melihat-lihat pakaian," katanya ketika ditemui di Lantai LG, Blok A, Pasar Tanah Abang.

Widya juga merasa harga-harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran belanjaannya. Dia juga tertarik dengan berbagai diskon yang ditawarkan oleh para pedagang di pasar tersebut.

"Tentu saja saya sudah tahu kalau ke Tanah Abang, harganya bervariasi dan tidak terlalu mahal, ada yang murah karena diskon, kadang kita juga bisa menawar lebih murah, jadi sangat menyenangkan," ucapnya.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang sempat mengalami penurunan pengunjung karena perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih condong ke belanja online. Namun, kini, bahkan menjelang Ramadan, pasar tersebut telah kembali ramai didatangi masyarakat, menunjukkan bahwa daya tarik pasar fisik masih memiliki tempat di hati masyarakat meskipun kemajuan teknologi dan tren belanja online terus berkembang pesat.